30 Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak

30 Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak
30 Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak
Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak.

Mendidik anak dalam hal pengendalian diri, kebiasaan menahan nafsu dan prasangka serta menjauhkan kecenderungan-keenderungan jahat.  Maka sebagai orang tua telah berusaha banyak untuk menghapuskan pernderitaan kehidupan masa depan mereka dan kejahatan di masyarakat.

Selain sebagai sumber kebahagian dan penyejuk hati, anak merupakan amanah terbesar yang Allah berikan kepada setiap orang tua di dunia. Karenanya, mendidik seorang anak merupakan tanggung jawab setiap orang tua. Masa depan anak sebagiannya bergantung pada pola asuh dan pendidikan yang diberikan orang tua.

Maka dengan demikian memberikan pengetahuan agama terhadap anak merupakan tanggung jawab orang tua yang paling utama. Orang tua kelak akan dimintai pertanggungjawaban akan anaknya di hari kiamat sebelum seorang anak ditanya pertanggungjawabannya atas orang tua mereka.
Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Berikut di bawah ini kami kumpulkan kata nasehat untuk anak, kata mutiara anak sholeh, kata doa untuk anak, quotes, kata motivasi, kata mutiara, kata indah yang dapat di sampaikan kepada anaknya agar dapat terinpirasi atau untuk menyemangati diri sendiri di saat sedang sedih karena merasa berat dalam menasehati anak.

Kata bijak di bawah ini juga baik untuk di bagikan di status facebook, caption instagram, twitter, story whatsapp atau media sosial lainnya. Dari berbagai sumber.

30 Kata Bijak Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak


1). Kita boleh berharap, tapi tidak bermimpi kosong, cobalah untuk menjadikannya nyata nak, walau tidak sempurna.

2). Jika anda ingin anak anda berkembang, biarkan mereka mendengar hal baik yang Anda katakan tentang mereka kepada orang lain – DR Haim Ginott

3). Saat engkau diamanahi jiwa dan buah hatinya. Maka, bentangkan segera tanganmu untuknya selapang-lapangnya dan kepadamu dia wajib taat.

4). Biarlah diri kita berjuang hari ini agar anak-anak kita mempunyai masa depan yang lebih baik  – Abdul Kalam

5). Bacakan untuknya al Quran, ajarkan sejarah, untaikan syair-syair dan ajarkan sunnah.

6). Kita harus mendidik anak-anak kita untuk bermimpi dengan mata terbuka – Harry Edwards.

7). Luruskan ia semampumu dengan cara mendekat dan lembut. Jika dengan dua cara itu dia tetap tidak baik maka gunakan cara yang keras." - Khalifah Harun Ar Rasyid, Ibnu Khaldun dalam Muqaddimahnya

8). Satu-satunya pelajaran akhlak paling cocok untuk anak; pelajaran paling penting dalam jengkal waktu kehidupan; adalah, jangan pernah lukai siapapun.” – Denis Breeze

9). Tak ada seorang pun yang tahu betapa besar kekuatan cintaku padamu. Setidaknya hanya kamu satu-satunya yang mengetahui bagaimana degup jantungku di dalam sana.

10). Wahai para Ibu, ajarkanlah Anak anakmu membantu rumah tanggamu sejak dini, selain dari sunnah Nabi, kelak istrinya juga akan berterima kasih kepadamu. - Yasmin Mogahead, Penulis di Mesir

11). Hal penting yang perlu didengarkan oleh anak-anak kita di zaman ini adalah doa orang tua mereka untuk kemudahan dan kesuksesan putra-putrinya dunia maupun akhirat. Karena ini adalah sebab datangnya taufik, ketenangan, dan bertambahnya cinta dan kasih sayang anak pada orang tua. – Syek  Muhammad Sholeh Munajjid (Ulama Saudi Modern)

12). Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil, sebab ketika kecil lebih mudah membentuk dan mengasuhnya. Belum dirusakkan oleh adat kebiasaan yang sukar ditinggalkan, terutama di zaman seperti ini. (Hamka)

13). Wahai anakku, Sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui

14). Jika ingin dikenang oleh anak di kemudian hari, Anda harus menjadi bagian dari hidupnya sekarang.

15). Wahai anakku, janganlah kamu berbuat syirik (mempersekutukan) kepada Allah, Sesungguhnya Syirik itu adalah benar-benar kezaliman yang besar

16). Selamat pagi nak, semangatkan pagimu ya, dengan sarapan dan doamu di pagi ini.

17). Jangan mendidik anak untuk menjadi kaya, namun didiklah ia agar menjadi seseorang yang bahagia. Jadi, ketika anak tumbuh dewasa, ia akan menghargai nilai suatu benda ketimbang harganya.

18). Kita diciptakan oleh Tuhan dengan keistimewaan masing-masing, maka berhentilah berusaha untuk menjadi orang lain nak..

19). Wahai anakku, Dirikanlah shalat.

20). Jadilah orang sukses yang peduli dengan sesama. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.

21). Pemikiran baik akan berakhir dengan baik asal kau selalu percaya, berusaha dan berdoa nak.

22). Kadang aku merindukan sosok ibu, sosok yang penuh dengan kesabaran yg telah membesarkanku sampai saat ini.

23). Jadilah orang pintar, tapi ingatlah menjadi orang benar itu jauh lebih penting. Jadilah orang pintar yang benar agar hidupmu bermanfaat untuk banyak orang.

24). Kamu boleh punya jabatan tinggi, tapi selalu rendahkan hatimu. Tanaman yang kokoh tumbuh dari biji yang ditanam pada tanah yang dalam.

25). Jaman sekarang, kekurangan harta lebih bermasalah daripada kekurangan iman, jangan sampai kau salah satunya nak.

26). Ingat selalu pepatah ini nak, “kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah”. Jadilah kamu anak yang bisa mengasihi ibu sepanjang masa.

27). Rasululllah shollalahu ‘alaihi wasallam menyuruhmu untuk berbakti kepada ibumu, lalu bapakmu. Ridho Allah ada pada Ridho Orang tua, dan Murka Allah ada pada Murka Orang tua.

28). Tutup aib suamimu, maka Allah pun akan menutup aibmu dan memberikan kebahagiaan kepada keluargamu.

29). Yg ibu khawatirkan bukanlah apakah Tuhan ada di pihak kita, tapi apakah kita ada di pihak Tuhan. Karena Tuhan selalu benar nak…

3). Semaksimal apapun usahamu, hasilnya tetap Tuhan yg berkenan. Tidak perlu risau dan merasa kalah, jika sudah maksimal nak.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Semoga kata kata bijak di atas dapat memberikan inspirasi untuk orang tua maupun untuk anak.

Baca Juga:
>>> 30 Kata Bijak Anak Untuk Orang Tua Yang Bikin Terharu
>>> 30 Kata Bijak Kerinduan Untuk Orang Tua Tersayang
>>> Kumpulan Peribahasa Dengan Kata Anak dan Artinya Terlengkap